HEMAT PANGKAL BEGO

Lo pernah gak sih ngerasain hidup yang sedang serba kekurangan sehingga lo mesti berhemat sehemat hematnya. Misalnya lo harus makan hari ini, sedangkan lo gak punya uang seperak pun dan akhirnya lo berjuang dengan sekuat tenaga hingga tetes darah penghabisan tuk nyolong ayam tetangga …. lalu lo ketangkep dan bilang ‘gw lagi ngedet ama yayang ayam, pak’. Atau lo harus rela jalan kaki ke kampus untuk menghemat biaya angkot, tapi nyampe dikampus tau2 lo laper, akhirnya makan di kantin sampe 3 kali nambah. Busyet lo!!!!

Tapi sori yah, gw gak pernah ngerasain hal itu (nyolong ayam tetangga, jalan kaki ke kampus? Gak deh, eh lo kq malu2in gitu sih).

Eniwei, gw juga berhemat, tapi berhemat dalam mendukung upaya pemerintah untuk hidup hemat dan respon gw terhadap perubahan iklim dunia coy (kaitannya apa? Ada deh, pokoknya ada!).

Hari minggu yang lalu, gw pengen ngeprint bahan kuliah gw. Sekali lagi dalam mendukung upaya pemerintah melakukan penghematan, gw pun berencana melakukan print pada kedua sisi kertasnya alias print bolak balik gitu. File yang mao gw print sebanyak 25 halaman, artinya gw cuman make 13 lembar kertas, dan gua bisa menghemat sampai 12 kertas, LUAR BIASA!!! gw menghemat dua belas lembar kertas. Harga kertas kira2 50 rupiah per lembar, jadi gw menghemat sampai 600 rupiah (hiks hiks, jadi terharu).

Tapi sayang printer gw yang merknya HP Deskjet F2235 (gw beli dengan harga 735 ribu, pada hal dua minggu sebelumnya harganya hanya 699 ribu. Sayang saat itu duit gw belum cukup, penjual sialan! huhuhu…..maaf gw jadi curhat) tidak punya fasilitas untuk print bolak balik gitu.

Berhubung gw orangnya pinter, cerdas, rajin menabung dan minum susu gw gak kehabisan akal dong. Gw berencana ngeprint dengan langkah: pertama, gua print dulu halaman ganjilnya (hal 1, 3, 5, …,25); kedua, kertas hasil print pertama gw susun lagi, dan saat gw print halaman genapnya (hal 2, 4, 6, …, 24) maka akan tersusun seperti buku gitu (bolak-balik).

Gw print halaman ganjil, printnya dimulai dari halaman belakang gitu.

TEEEEETT….TEEET…TET…TET…TET… TEEEETTTT

Hal 25 *hasil printnya bagus*

Hal 23 *bagus*

Hal 21 *hasil print belang-belang*

Karena hasil printnya belang-belang gw mengkenselnya, sepertinya tintanya tidak mengalir dengan baik. Gw pikir ada yang menyabotasenya hal ini, ada pihak yang ingin menggagalkan niat baik gw dalam melakukan upaya penghematan (serius). Seingat gw, tintanya baru gw isi kemarin.

Udah deh, akhirnya katriknya gw lepas dan gw tiup dengan sekuat tenaga pada lubang tempat mengisi tintanya. Gw tiup sampai muka gw merah, pipi kembang kempis, tapi masih tetep cakep loh… hehehe. DAN, tintanya menetes keluar. Benerkan tintanya masih ada. Gw pasang lagi katriknya.

Karena males mikirin halaman selanjutnya yang mesti di print, dan sekali lagi untuk penghematan, gw print aja seluruh halaman ganjil (dari pada pusing).

TEEEEETT….TEEET…TET…TET…TET… TEEEETTTT

Hal 25 *bagus*

Hal 23 *bagus, eh pas dibagian tengah belang-belang*

Huh, dasar, ngeselin. Katriknya kembali gw lepas. Kali ini gw nambahin tintanya, gw ngisinya sebanyak 2,5 ml. Oh iya, gw nih ahli dalam suntik menyuntik tinta untuk printer dan udah berpengalaman sejak gw jadi tukang sapu (gak lah). Udah banyak printer dan katrik yang gw rusakin, jadi pengalaman ngerusaknya dah banyak loh. Tapi klo lo pengen ngisi sendiri katrik lo, jangan mengisinya sampai full, nanti hasilnya kurang bagus gitu (ini beneran loh).

Oke selesai, katrik gw pasang kembali. Gw print lagi, sekali lagi untuk penghematan. Tapi gw gak mau pusing, gw print aja semua halaman ganjilnya.

TEEEEETT….TEEET…TET…TET…TET… TEEEETTTT

Hal 25 *bagus*

Hal 23 *bagus*

………

Hal 1 * bagus*

Huhuhu….. akhirnya berhasil. Sekarang gw tinggal print halaman genapnya. Ingat demi penghematan, printnya dibuat bolak balok gitu. Tapi sebelumnya, gw susun dulu kertas hasil print halaman ganjil tadi, supaya hasil printnya akan berurutan. Nyusunnya gimana yah *bingung*. Karena yang diprint halaman belakang lebih dulu, jadi hal 23 diletakkan paling atas, kemudian hal 21, 19, …, 1 (gimana gw pinter kan).

Print lagi …..

TEEEEETT….TEEET…TET…TET…TET… TEEEETTTT

Hal 24…. Pas, cocok! hal 23 di sebelahnya hal 24, YES!

Kali ini sepertinya sukses. ‘PRINTER lanjutkan tugasmu, terus print sampe hal 2, LANJUTKAN (bukan kampanye loh)’

TEEEEETT….TEEET…TET…TET…TET… TEEEETTTT

Beberapa saat kemudian printer gw selesai menunaikan misi pentingnya. Gw ngecek hasil printnya.

Kertas pertama hal 1 di sebelahnya hal 4 ……kertas kedua hal 2 di sebelahnya kosong … kertas ketiga hal 3 di sebelahnya hal 6…. TIDAKKKKK!!! Wadoooh, salah lagi. Setelah gw cek, ternyata eh ternyata si printer ngeprint hal 24 sampe 2 kali gitu, huhuhu.

Akhirnya gw mengambil keputusan penting, print lagi semuanya, kali ini gak pake bolak balik, gak pake print ganjil genap. Penghematan? BODO!!!

TEEEEETT….TEEET…TET…TET…TET… TEEEETTTT

Gw ninggalin printer gw, lagi sibuk ngerjain yang laen. Pas gw datang menghampiri printer gw lagi ….. Dasar bego, goblok, budek, tintanya ngadat lagi. Hasil printnya belang-belang lagi.

BODO!!! Gw ke ruang tengah nonton.

BEGO!!!

Pesan : Jangan pelit! Jangan jadikan penghematan sebagai alasan menutupi kepelitan lo (bilang aja lo pelit).

Pos ini dipublikasikan di Lagi Dudul. Tandai permalink.

Satu Balasan ke HEMAT PANGKAL BEGO

  1. Sakinah berkata:

    Hahahaha…..
    Lucu..lucu…

Tinggalkan komentar